Tips cari kerja agar langsung diterima

0 comments
Saya ingat pengalaman mencari kerja pertama kali beberapa puluh tahun yang lalu, waktu itu saya baru bebrapa hari mengantongi ijazah SMA, karena bete tidak ada yang dikerjakan sementara mengurus masuk UNMUL juga masih beberapa minggu lagi, saya berniat bekerja kantoran seperti orang-orang kebanyakan, lagi pula saya ingat betul kata almarhumah ibu saya yang menginginkan anaknya jadi pegawai negeri, kata beliau kerjanya enak, bajunya bersih tidak seperti pekerja kasar lainnya.

Teman-teman seangkatan banyak yang mengatakan susah masuk menjadi pegawai honorer daerah (honda), namun saya tidak peduli yang penting saya mencoba dulu, besoknya saya langsung siap-siap berangkat ke kantor Camat dengan mengayuh sepeda, pakaian rapi baju putih bersih.

Setelah menunggu beberapa lama saya diperkenankan menemui Pak Camat waktu itu camat Tenggarong dijabat pak Aji Amiddin. Waktu itu usia saya 19 tahun dan belum kenal dengan pak Camat hanya kenal lewat obrolan warga.

Begitu masuk saya mengucapkan salam dan menjabat/mencium tangan beliau dan to the point mengutarakan keinginan saya untuk bekerja di kantor beliau, langsung beliau mengatakan: “maaf dik disini tidak ada lowongan”.

Saya meyakinkan beliau bahwa saya ingin bekerja bukan untuk mencari uang tetapi untuk belajar kerja dan membantu Pak Camat semampu saya, meski tidak digaji tidak apa ..

Beliau menatap saya dalam-dalam … dan mengucapkan : “nantilah kalau ada lowongan akan saya pertimbangkan”.

Saya tersenyum puas dan mengucapkan terima kasih dan segera meninggalkan ruangan beliau, diluar banyak yang antri ingin ketemu beliau dengan berbagai urusan.

Beberapa langkah saya meninggalkan ruangan beliau, ada ajudan memberitahukan saya dipanggil pak Camat, bergegas saya datang : “Besok datang lagi ya .. bisa bantu-bantu disini” …

Saya terhenyak ternyata saya diterima bekerja disini …. Allhu Akbar …

Itu pengalaman saya mencari kerja puluhan tahun yang lalu … pengalaman yang tak terlupakan …

sumber

0 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 wewz | TNB